Artikel Aksi Nyata Modul 1.4 Calon Guru Penggerak Kab. Aceh Barat Daya

 

  1. DESIMINASI BUDAYA POSITIF MODUL 1.4
  2. DI SMP NEGERI 1 TANGAN-TANGAN
  3. OLEH : HASANUL AMRI, S.Pd.
  4. CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7

 

1.        Latar Belakang

Ki Hajar Dewantara menjelaskan bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun kodrat anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai manusia maupun sebagai angota masyarakat. Pendidikan adalah tempat bersemainya benih-benih kebudayaan dalam masyarakat, KHD meyakini bahwa untuk menciptakan manusia yang beradab maka pendidikan merupakan salah satu kunci utama untuk mencapainya. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang didapatkan anak melalui suatu lingkungan yaitu lingkungan sekolah.

 

2.        Tujuan Kegiatan

Tujuan penerapan budaya positif agar menjadi pembiasaan pada murid hingga menjadi karakter positif dan berbudi pekerti luhur. Kemudian siswa Dengan budaya positif diatas dapat menumbuhkembangkan sikap bergotong royong, mampu melakukan kegiatan secara bersama-sama, sehingga tercipta kolaborasi yang baik antar warga sekolah,adanya rasa peduli satu sama lain. Berikutnya, Mandiri.

 

3.        Tolak Ukur Ketercapaian

Tolak ukur penerapan budaya positif ini adalah murid untuk melakukan kegiatan–kegiatan positif di sekolah dan nantinya juga berimbas pada kebiasaan diluar lingkungan sekolah dan rumah. Selain itu, Penerapan Budaya Positif dianggap berhasil jika dalam penerapannya nanti jika

1.    Teman Sejawat Memahami Makna Budaya Psitif

2.    Teman Sejawat Menerapkan Budaya Positif

3.    Siswa Memahami dan Meyakini Kesepakatan Kelas

4.    Siswa Menerapkan Budaya Postif

5. Siswa Berubah Karakternya dari Identitas Gagal Menjadi Identitas Sukses.


4.        Tindakan yang Telah Dilakukan 

a.    Pembuatan Keyakinan Kelas 

Keyakinan kelas adalah suatu kesepakatan yang dibuat sesuai dengan nilai-nilai kebajikan. Keyakinan yang saya buat bersama siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tangan-Tangan, menghasilkan keyakinan yang berpihak pada murid dan sesuai dengan kodrat zaman mereka. 

 LINIMASA TINDAKAN (Lampiran Kegiatan)

Gambar Kegiatan Workshop Budaya Positif

Gambar Kegiatan Workshop Budaya Positif

Gambar Kegiatan Workshop Budaya Positif

Gambar Kegiatan Workshop Budaya Positif

5.     PENUTUP

Harapan saya semoga kegiatan budaya positif ini tidak hanya diterapkan disekolah saja tetapi juga bisa diterapkan dilingkungan rumah.

Lebih baru Lebih lama
Amry.ID